Sabtu, 31 Desember 2011

EKSISTENSI SOSIOLOGI DI MASYARAKAT

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi menyatakan bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial. Selanjutnya menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu kaedah-kaedah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok serta lapisan-lapisan sosial. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, seperti pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dengan segi kehidupan agama, dan antara segi kehidupan agama dengan segi kehidupan ekonomi dan lain sebagainya. Salah-satu proses sosial yang bersifat tersendiri adalah dalam hal terjadinya perubahan-perubahan didalam struktur sosial. Dari pengertian kedua tokoh tersebut dapat dilihat betapa pentingnya eksistensi sosiologi di masyarakat.

Di dalam masyarakat pasti terjadi interaksi satu sama lain, dengan adanya interaksi akan muncul suatu kerja sama atau bahkan kesenjangan yang akan berdampak pada konflik. selain itu dalam masyarakat terdapat nilai dan norma yang harus dipatuhi dan ditaati oleh mereka. Tetapi terkadang banyak masyarakat yang mengabaikan nila norma yang ada sehingga memunculkan berbagai masalah sosial seperti kemiskinan, pelacuran, diorganisasi keluarga, konflik sosial maupun etnis, kejahatan, pembunuhan, dll. Bagi masyarakat sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang menitik beratkan terhadap kesejahteraan dan perubahan-perubahan yang ada di masyarakat. Selain itu sosiologi berperan untuk meningkatkan keadaan-keadaan sosial manusia dan sebagai pendorong untuk menyelesaikan masalah sosial yang ditimbulkan. Dalam penyelesaian masalah tersebut didasarkan pada sistem nilai-nilai masyarakat, sosiologi mendorong masyarakat untyuk memperbaiki kepincangan-kepincangan yang diterimanya sebagai gejala abnormal yang mungkin dihilangkan atau dibatasi.
Dalam masyarakat, sosiologi tidak hanya membahas mengenai masalah sosial, tetapi banyak hal. Seperti halnya penelitian-penelitian sosiologi yang bertujuan untuk tetap melestarikan kebudayaan. Dengan perkembangan zaman dan arus globalisasi banyak masyarakat yang mulai meninggalkan kebudayaan sendiri dan beralih mengikuti kebudayaan barat. sehingga penelitian sosiologi lebih untuk menggali kekayaan budaya yang di miliki oleh suatu masyarakat dan tetap melestarikan di tengah arus globalisasi. Sehingga eksistensi sosiologi di masyarakat tetap sangat penting dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat.
Sumber

http://www.lintasberita.com/Lifestyle/Pendidikan/eksistensi-sosiologi-dalam-masyarakat
Soekanto, soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

2 komentar:

ayatina mengatakan...

spirit sosiologi, mari mengabdi pada masyarakat

Siti Aslihatin Aidliyah mengatakan...

kalo tidak mempunyai ilmu sosial apalah arti eksak : ;p

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management